Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

7 Sayuran yang Menyehatkan untuk Diet


FEMINIA-Sayuran merupakan makanan bergizi yang baik untuk dijadikan menu makanan selama menjalani program penurunan berat badan. Ada banyak jenis sayuran yang bagus untuk diet.

Umumnya sayuran ini mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu diet semakin optimal. Studi dari National Center for Biotechnology Information (NCBI) kepada orang yang obesitas menunjukkan konsumsi sayuran selama satu tahun dapat menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan.

Selain baik untuk diet, konsumsi sayuran juga baik untuk menjaga kesehatan.

Berikut 7 sayuran yang bagus untuk diet.

1. Wortel

Wortel memiliki kandungan antioksidan, beta karoten, serat, potassium, dan vitamin K yang dapat membantu penurunan berat badan. Satu buah wortel berukuran sedang atau sekitar 140 gram, hanya memiliki 45 kalori.

Wortel juga bermanfaat menyehatkan mata serta mengurangi kolesterol jahat. Sebaiknya, masak wortel dengan cara direbus atau kukus agar nutrisinya tidak hilang.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang rendah kalori. Kalori juga mengandung banyak serat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

Selain itu, beberapa mikronutrien dan fitokimia dalam brokoli dapat menurunkan berat badan dengan membantu memecah lemak.

3. Seledri

Seledri juga termasuk sayuran yang bagus untuk diet karena mengandung serat dan bermanfaat melancarkan pencernaan serta membuat kenyang lebih lama.

Seledri dapat diolah menjadi jus. Dalam segelas jus daun seledri hanya terdapat 14 kalori.

4. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran hijau yang sehat dan baik dikonsumsi selama diet. Sayuran berdaun hijau ini kaya akan serat, vitamin, mineral sampai antioksidan.

Tingginya serat yang ada dalam sayuran hijau bisa membuat Anda kenyang. Selain itu banyak makan sayuran juga bisa melancarkan pencernaan dan terhindar dari sembelit.

5. Kembang kol

Kembang kol berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori. Dalam secangkir kembang kol hanya mengandung 25 kalori.

Kembang kol juga bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium.

6. Kale

Sayur KaleKale adalah sayur yang bagus untuk diet. (Foto: Pixabay/Mbland)
Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, kale juga bebas lemak dan rendah kalori. Selain itu, kale mengandung vitamin A, K, C, B6, kalsium, kalium, dan magnesium yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan air yang tinggi pada kale membantu Anda merasa kenyang. Kale dapat disajikan sebagai salad atau ditumis untuk pendamping menu makan diet.

7. Rumput laut

Rumput laut seringkali disebut sebagai jenis sayuran super karena kaya zat gizi makro seperti yodium, zat besi, kalium dan magnesium yang dapat meningkatkan keberhasilan diet.

Mengutip Healthline, jenis sayuran yang bagus untuk diet seperti rumput laut ini memiliki fucoidan yang berguna dalam memecahkan lemak.

Itulah 7 sayuran yang bagus untuk diet. Konsumsi sayuran ini dalam setiap kali makan agar diet semakin optimal.[cnn]