Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Jarang Disadari, Ini Penyebab Kolesterol Tinggi di Usia Muda


FEMINIA-Penyebab kolesterol tinggi di usia muda sangat beragam. Namun sayang, banyak orang sering tak menyadari hal ini. Padahal, kolesterol tinggi bisa diderita semua orang.

Kolesterol tinggi tak hanya menyerang orang tua, melainkan mereka yang usia muda. Oleh sebab itu waspada terhadap kolesterol perlu dilakukan masyarakat sejak dini.

Kolesterol adalah zat seperti lilin yang bentuknya menyerupai lemak dan ditemukan di semua sel dalam tubuh manusia. Kolesterol dapat diperoleh pada hati dan juga beberapa makanan lainnya seperti daging dan produk susu.

Tubuh membutuhkan sejumlah kolesterol agar dapat bekerja dengan baik. Tetapi jika anak atau remaja memiliki kolesterol tinggi, maka berisiko tinggi terkena penyakit arteri koroner dan penyakit jantung lainnya.

Lantas apa apa penyebab kolesterol tinggi pada usia muda? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Medline Plus, Jumat (29/10/2021).

1. Pola makan yang tidak sehat. Terutama konsumsi makanan tinggi lemak.

2. Riwayat keluarga yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Terutama ketika salah satu atau kedua orang tua memiliki kolesterol tinggi.

3. Kegemukan atau obesitas .

Selain itu, beberapa penyakit, seperti diabetes , penyakit ginjal , dan penyakit tiroid tertentu, juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi pada usia muda. Perlu diingat bahwa biasanya tidak ada tanda atau gejala pada anak atau remaja yang memiliki kolesterol tinggi.(mr/snd)