Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Ini Bedanya Micellar Water, Toner, dan Essence untuk Skincare



FEMINIA- Berbagai jenis perawatan kulit dan kecantikan semakin banyak bermunculan. Saat ini Anda mungkin mengenal istilah micellar water, toner, dan essence. Apa kegunaan dan perbedaan dari ketiga produk tersebut?
Dokter yang juga skincare expert, Danar Wicaksono mengatakan persamaan tiga produk tersebut adalah tergolong sediaan dalam istilah medis.

"Jadi, ketiganya punya fungsi sama, bertugas untuk mengirimkan bahan aktif yang terkandung di dalam masing-masing produk," kata Danar dalam webinar Herborist Rose Series Launch, Rabu (27/10).

Perbedaan ketiganya terletak pada pengaplikasian dan bahan aktif yang dikirim. Berikut beda micellar water, toner, dan essence:

1. Micellar water

Micellar water sebenarnya tak berbeda dengan cairan pembersih atau cleansing di dunia perawatan wajah. Namun, micellar water memiliki kandungan air yang lebih banyak.

"Dia mirip air yang memang tugasnya untuk membersihkan," kata Danar

Micellar water merupakan pembersih wajah yang bisa digunakan sehari-hari. Cairan ini mudah menghilangkan kotoran hingga menghapus make up yang ada di wajah.

Micellar water terbuat dari air murni dengan pH yang lebih seimbang, di dalamnya juga terdapat glycerin dan surfaktan. Micellar water bisa menarik berbagai jenis kotoran di wajah, bahkan minyak yang kerap keluar dari pori-pori.

Micellar water umumnya tidak menyebabkan iritasi dan rata-rata cocok digunakan semua jenis kulit.

2. Toner

Toner biasanya digunakan pada tahap kedua pembersihan muka. Toner digunakan setelah mencuci muka dengan sabun pembersih. Toner berfungsi untuk mengembalikan pH atau tingkat keasaman wajah yang menurun setelah mencuci muka.

Kandungan yang terdapat dalam toner dapat membantu menutrisi kulit. Toner juga menyiapkan kulit untuk menerima rangkaian skincare berikutnya.

3. Essence

Sementara itu, essence merupakan persilangan antara toner dan serum. Essence memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit. Tak hanya itu, essence memiliki kemampuan untuk menutrisi kulit karena di dalamnya terdapat antioksidan dan berbagai bahan aktif lainnya.

"Essence memiliki sifat membuat kulit lebih kenyal. Penggunaannya bebas, Anda bisa menggunakannya atau tidak itu tergantung pilihan," kata Danar.

Itulah perbedaan micellar water, toner, dan essence. Ketiganya bisa digunakan dalam rangkaian skincare rutin Anda.

"Jika Anda ingin menggunakan ketiganya tidak masalah, karena ketiganya memiliki kemampuan yang sama dan sama pentingnya untuk kulit," ucap Danar.(mr/cnn)