Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Ivan Gunawan Tuangkan Wujud Cruella Dalam Karya Busananya



FEMINIA-Film Disney Cruella bakal menyapa penikmat film tanah air pada 26 Mei mendatang. Menyambut penayangan film tersebut, Disney menggandeng desainer Ivan Gunawan untuk mewujudkan dua karakter utama film, Cruella dan Baroness von Hellman dalam karya busana.

Dengan proses kreatif kurang dari dua minggu, Ivan mampu melahirkan dua look busana dengan gaya berbeda.

"Pengalaman mengesankan saat dihubungi Disney, lalu secara confidential diperlihatkan trailer filmnya. Mereka pun ke butik, saya gambar langsung [sketsa busana] lima menit. This is the look of Cruella versi Ivan Gunawan. Saya percaya goresan pertama saya," ujar Ivan saat konferensi pers virtual, Jumat (21/5).

Busana yang terinspirasi tokoh Cruella menggunakan unsur warna hitam, merah dan putih. Ivan menyebut gaya Cruella secara keseluruhan adalah 'glam-rock' yang memiliki kesan 'rebel', seksi dan misterius.

Ivan menuangkan karakter Cruella ke dalam busana yang didominasi warna merah, hitam dan putih. Ia menyebut gaya Cruella ini lebih 'glam-rock'. (dok. Disney Indonesia)

Demi mempermudah dalam pencarian inspirasi, ia berkaca pada gaya busana Madonna di era 1980-1990-an, juga gaya Lady Gaga yang eksentrik.

Dari inspirasi itu, ia menuangkannya dalam siluet jumpsuit bertabur kristal tanpa lengan yang melekat ketat di tubuh, kemudian terdapat siluet blazer setengah bagian, lalu dipadu ruffles berukuran besar.

Tampilan Cruella ala Ivan tetap dengan rambut ikonis warna hitam dan putih. Untuk memberikan kesan 'rock', tampilan dilengkapi dengan sepatu boot dan kacamata 'petir' karya Rinaldy A. Yunardi.

"Ini kalau orang umum enggak berani pakai. Di film kan lagi eranya Dior yang kaku, lalu ini gayanya mendobrak [gaya yang ada] dengan jumpsuit, terus ruffles besar 40 centimeter," imbuhnya.

Sedangkan untuk tokoh Baroness van Hellman, sang legenda fashion dalam film, Ivan menerjemahkannya dalam busana yang elegan.

Keanggunan Baroness tercermin dalam dress warna putih, krem dan nuansa keemasan. Ia melengkapi tampilan ala Baroness dengan lilitan turban.

Karakter Baroness von Hellman, legenda fashion, digambarkan elegan dan anggun sehingga dituangkan dalam dress warna putih, krem dan keemasan. (Disney Indonesia)

Ivan mengakui bahwa gaya Baroness memang merepresentasikan gaya busana racikan dirinya. Sedangkan untuk gaya busana Cruella, ini sedikit keluar dari zona nyaman Ivan. Buatnya, ini cukup jadi tantangan ditambah ia musti menyesuaikan dengan pasar film Disney.

Untuk menampilkan kedua karya busananya, Ivan mempercayakan pada Miss Grand Indonesia 2020, Aurra Kharisma dan Miss Grand Indonesia 2021, Sophia Rogan.

Menurutnya, karakter busana bisa dihidupkan oleh kedua 'anak didiknya' ini. Sementara itu hasil kolaborasi Ivan dan Disney akan ditampilkan dalam bentuk pameran di Pacific Place mulai 25 Mei 2021.

Film 'Cruella' menceritakan perempuan bernama Estella (Emma Stone) yang bertekad membuat namanya terkenal dengan desainnya. Dia berkawan baik dengan sepasang pencuri dan bersama-sama membangun kehidupan sendiri di jalanan London.

Suatu ketika bakat Estella tercium oleh Baroness von Hellman (Emma Thompson), legenda mode. Hubungan keduanya membuat Estella mengeluarkan sisi jahatnya lalu menjadi Cruella yang modis dan suka balas dendam.

"Film ini bicara soal fashion. Ini membangkitkan semangat, terangsang lagi daya khayalnya, imajinasi. Bahwa di sini fashion itu juga statement," ujar Ivan.(mr/cnn)