Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Benarkah Air Nanas Bisa Bunuh Sel Kanker?



FEMINIA-Sebuah informasi beredar di media sosial Instagram mengatakan bahwa air nanas panas dapat membunuh sel kanker. Caranya dengan memotong 2-3 serpihan nanas dan tambahkan air panas, lalu diminum.

Air nanas tersebut dianggap sebagai air alkali yang dapat diminum setiap hari, dan baik untuk segala usia. Selain mencegah kanker, air nanas panas ini juga disebut-sebut dapat membunuh kuman dan racun dalam tubuh, hingga mengatur tekanan darah. Benarkah demikian?
Dokter ahli gizi klinis Luciana B. Sutanto mengatakan, anjuran tersebut tidak memiliki dasar ilmiah. Sebabnya, belum ada bukti studi ilmiah yang menunjukkan bahwa air nanas dapat mengobati kanker.

"Saya enggak tahu kenapa ada orang membuat anjuran itu, mungkin memang dia sedang penelitian, atau mau endorse produk. Tapi belum ada penelitian yang membuktikan konsumsi air nanas bisa membunuh sel kanker," kata Luciana diwartakan CNNIndonesia.com, Rabu (28/4).

Luciana menjelaskan, buah nanas sendiri memang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan mengandung antioksidan sehingga mencegah masuknya radikal bebas. Namun, konsumsi buah nanas sendiri tak secara langsung membunuh sel kanker dalam tubuh. Konsumsi buah nanas juga tidak langsung menurunkan kadar tekanan darah.

Sementara kandungan dalam air nanas juga belum tentu mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada buahnya. Hal itu disebabkan karena tak semua bagian nanas 'rontok' terserap dalam air. Air nanas bahkan tidak mengandung vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah nanas.

"Sebenarnya dalam buah nanas memang ada antioksidan yang mencegah radikal bebas dan mencegah risiko kanker itu betul, tapi seberapa banyak konsumsi nanas agar membunuh sel kanker? Apakah air nanas punya kadar antioksidan lebih tinggi dari nanasnya? Kan, belum ada buktinya," kata Luciana.

Namun, bukan berarti air nanas sama sekali tak bernutrisi. Mirip seperti infused water, nanas yang didiamkan pada air panas juga membawa sedikit kandungan buahnya pada air, meski dalam jumlah yang lebih sedikit.

Disamping itu, Luciana juga menekankan air panas dapat merusak kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam buah. Vitamin yang larut air seperti vitamin C, dan berbagai macam vitamin B dapat berkurang kandungannya jika dipanaskan.

"Boleh saja sebetulnya minum air nanas panas, tapi kandungan nutrisinya tak sebanyak makan buah nanas. Ada kandungan vitamin B, dan C yang hilang, serta kandungan antioksidannya turun," kata Luciana.

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya sel kanker. Pengobatan kanker juga lebih kompleks dan tidak hanya dengan konsumsi makanan pencegah kanker.

"Untuk mengobati kanker enggak bisa sendirian hanya dengan makan buah. Ada pengobatan, ada terapi, enggak cuman dengan makan nanas kita jadi bebas kanker," tuturnya.(fem/cnn)