Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Memberdayakan Perempuan, Mendobrak 'Glass Ceiling'


FEMINIA-Perempuan di Indonesia banyak yang memiliki potensi dan kemampuan besar. Namun sayangnya masih banyak yang belum menonjol atau memegang peran penting di industrinya masing-masing.

Alasannya pun beragam, seperti kendala sistem, aturan, akses, terutama kesempatan. Terlebih di masa pandemi ini membuat gerak menjadi lebih terbatas.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menegaskan bahwa semua orang punya kesempatan yang sama untuk mencapai apa yang diinginkan. Demikian halnya dengan perempuan.

Menurutnya, perempuan harus memiliki karakter mental dan sikap guna mewujudkan pemberdayaan perempuan atau women empowerment.

"Paling utama, perempuan harus punya mental yang gigih atau perseverance. Kedua, bagaimanapun kita tetap perlu mentor, sponsor, dan network. Ketiga punya niat dan motivasi yang baik," ujar Neneng dalam live streaming Ngobrol Sore Semaunya bersama Putri Tanjung, bertema Elevate Woman, Let's Bring More Women into the Room yang disiarkan di kanal YouTube CXO Media, Senin (8/3).

Pemberdayaan perempuan ini merupakan salah satu cara bagi kaum hawa untuk mendapatkan kesetaraan dan pengakuan dari lingkungannya atas potensi yang dimiliki.

Sebab, masih banyak perempuan di dunia menghadapi stigma yang menjadi hambatan untuk mengembangkan diri dan melakukan perubahan.

"Padahal jika perusahaan memiliki pemimpin yang diverse, perusahaannya memiliki kinerja yang memuaskan karena kita saling melengkapi satu sama lain," ujarnya.

Untuk itu, Neneng berpesan sekaligus mengajak setiap perempuan untuk mendobrak glass ceiling, yakni penghalang yang biasanya dialami kaum perempuan dan minoritas untuk mencapai peran atau posisi yang lebih tinggi, khususnya di dunia pekerjaan.

"International Women's Day menjadi momen untuk memperingati dan sama-sama memecah glass ceiling karena semua perempuan bisa meraih apa pun yang diinginkan."

"Nggak usah takut dengan diri sendiri dan berdamai. Jangan galau atau bingung. Cari mentor, network, sponsor, dan lingkungan positif yang bisa saling membantu," pesannya.

Sementara itu, Entrepreneur dan CEO CXO CT Corp Putri Tanjung mengatakan bahwa ini adalah saat yang tepat untuk memberi kesempatan kepada perempuan-perempuan lainnya agar lebih berdaya, salah satunya lewat program yang diinisiasinya.

"Bicara soal women empowerment, perempuan harus mendukung perempuan lain. Apalagi bagi perempuan yang punya privilege, memiliki platform, penting jika memanfaatkan itu untuk meng-elevate perempuan lain dan harapannya bisa mengajak lebih banyak perempuan untuk 'into the room'" ujarnya.

Putri mengajak para pengusaha perempuan di industri kreatif untuk bisa mengembangkan bisnisnya lewat program Elevate Women. Pengusaha perempuan bisa mendapat fasilitas dari para investor terpilih Indonesia.

"Pengusaha wanita yang ingin mengembangkan bisnis dan mendapatkan investasi dari investor terpilih Indonesia, dengan peluang mendapatkan kesempatan pitching dan investasi." (Fm/cnn)