Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Kentang Bisa Obati Jerawat, Benarkah?



FEMINIA-Beragam tips kecantikan menjamur di TikTok, salah satunya adalah kentang untuk obat jerawat.

Namun benarkah kentang bisa mengobati jerawat?

Tak dimungkiri kalau kentang memiliki banyak nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. namun pada kenyataannya, kentang tak bisa menjadi obat jerawat.

Beberapa studi menunjukkan bahwa kentang mengandung glycoalkaloid dan beberapa komposisi lainnya yang bisa berperan sebagai anti-inflamasi.Namun penggunaan kentang untuk jerawat ini hanya sekadar menghilangkan kemerahan yang terjadi karena peradangan jerawat dan bukan mengobatinya.

"Kentang bisa bermanfaat untuk kulit dengan banyak cara," kata dokter kulit Joshua Zeichner dikutip dari Pop Sugar.

"Pertama, pati meredakan peradangan dan menyerap minyak. Kedua, karena kentang kaya akan vitamin C, mereka dapat membantu meminimalkan risiko munculnya bintik-bintik hitam saat jerawat teratasi."

Meski demikian, kentang tidak memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat atau meningkatkan regenerasi sel kulit yang membuat jerawat cepat sembuh, seperti layaknya obat jerawat.

"Kentang sama sekali tidak menggantikan produk dan perawatan jerawat lainnya." Katanya.

 Jadi, sebaiknya gunakan yang pasti-pasti saja sebagai obat jerawat, misalnya skincare dengan kandungan Salicylic Acid, Niacinamide, Benzoyl Peroxide, retinol, tea tree, witch hazel, bakuchiol, atau Centella Asiatica.

Ingat untuk selalu berhati-hati juga saat membuat masker natural dari buah atau sayuran di rumah, jangan lupa patch test dulu sebelum mengaplikasikannya di wajahmu.(fm/cnn)