Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Jerawatan? Ini 7 Penyebabnya


FEMINIA- Jerawat menjadi masalah kulit yang cukup menjengkelkan dan susah untuk diatasi, apalagi bagi orang dewasa. Dokter spesialis kulit dari India, dr Jushya Sarin mengatakan bahwa mengatasi jerawat orang dewasa itu sangat sulit karenanya harus diatasi dari akar masalahnya.

“Dengan kata lain, untuk benar-benar mengobati jerawat, Anda mungkin perlu memahami apa penyebabnya sejak awal,” kata Sarin seperti dilansir dari laman Indian Express pada Rabu (3/2).

Untuk membantu memahami faktor penyebab jerawat orang dewasa, berikut tujuh faktor penyebab paling umum dari jerawat orang dewasa menurut dr Sarin.

Fluktuasi hormonal

Menurut Sarin, peningkatan hormon progesteron dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit. Demikian pula hormon androgen pada pria juga dapat meningkatkan produksi sebum yang bisa menyebabkan jerawat.

Stres

Stres dapat memperburuk keadaan dan mempengaruhi tubuh menjadi tidak sehat. Sarin mengatakan bahwa stres kronis berperan besar dalam masalah kulit seperti jerawat, dan hormon stres atau kortisol diduga kuat bertanggung jawab atas hubungan tersebut.

Polusi

Kotoran berlebih yang bersumber dari polusi bisa meningkatkan kemungkinan pori-pori tersumbat. Jadi pastikan untuk membersihkan wajah atau lakukan double cleansing setelah pulang beraktivitas di luar rumah.

Menggunakan produk yang salah

Salah satu penyebab jerawat yang umum pada orang dewasa adalah penggunaan skin care yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Jadi jika Anda memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi, maka gunakanlah produk dengan label oil-free, non-comedogenic, atau water-based.

Faktor makanan

Makanan berminyak, cepat saji, produk susu dan konsumsi tepung yang berlebihan juga dapat menyebabkan kulit berjerawat. Maka solusinya, kurangilah konsumsi makanan tersebut dan gantilah dengan asupan yang lebih sehat.

Terlalu sering membersihkan wajah

Untuk menghindari munculnya jerawat, disarankan untuk membersihkan wajah dua kali saja dalam sehari. Karena jika terlalu sering, wajah akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi keringnya kulit akibat terlalu sering membersihkan wajah. Hal ini dapat menyebabkan memperbesar pori-pori kulit, yang pada gilirannya menyebabkan jerawat.

Kondisi medis

Dr Sarin menjelaskan bahwa kondisi medis seperti sindrom polikistik ovarium (PCOS) dapat membuat hormon Anda berfluktuasi. Tidak hanya itu, suplemen vitamin B12, steroid hingga lithium juga bisa memperparah jerawat. [fm/rol]