Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Jangan Sembarangan Pilih Klinik Kecantikan Jika Tak Ingin Jadi Korban Praktik Ilegal


FEMINIA-Pihak kepolisian telah meringkus tiga klinik kecantikan ilegal. Ketiga klinik tersebut di antaranya De'Eleriz Beauty & Health Center yang berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan; Zevmine Skin Care di Jakarta Timur; dan klinik kecantikan dengan akun Instagram @whitening_original_serang di Serang, Banten.

Klinik kecantikan ini beroperasi secara ilegal dengan berbagai cara, termasuk lewat sistem panggilan serta media sosial.

Tak hanya penggunaan obat-obatan yang ilegal, ada klinik yang dioperasikan oleh dokter gadungan. Keberadaan klinik ini tentu meresahkan masyarakat.

Oleh karenanya, Anda perlu cermat dalam memilih klinik kecantikan karena kulit dan kesehatan merupakan investasi jangka panjang.

1. Cek rekam jejak

Sebelum menjatuhkan pilihan pada klinik kecantikan tertentu, sebaiknya cek dulu rekam jejak klinik. 

Dikutip dari Hello Sehat, rekam jejak ini bisa dicek di internet, situs BPOM atau KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit). Lewat internet, Anda bisa menemukan aneka testimoni pengguna layanan klinik.

Kemudian klinik kecantikan resmi akan mengantongi izin resmi. Telusuri laman resmi klinik kecantikan atau informasi lewat forum-forum komunitas.

Jangan mudah tergiur pada deskripsi dan janji panjang lebar tetapi hanya tercantum pada tautan blog pribadi, bukan situs resmi berbayar.

2. Cari tahu kondisi klinik

Setelah mencari tahu via internet, tuntaskan riset dengan melakukan kunjungan langsung. Anda tidak harus melakukan treatment atau perawatan saat itu juga.

Tujuan utama kunjungan adalah mengecek kondisi fisik klinik. Perhatikan secara detail mulai dari tampilan luar, area resepsionis, dan lainnya.

Coba untuk lakukan konsultasi dengan dokter kecantikan. Klinik kecantikan yang baik akan memiliki kondisi ruangan yang bersih, cukup pencahayaan, tidak pengap, dan memiliki peralatan memadai.

Layanan pun mesti diperhatikan mulai dari bagaimana resepsionis menjawab pertanyaan Anda, juga dokter saat melayani keluhan dan kebutuhan perawatan.

3. Kualifikasi tenaga profesional

Sebagaimana dilansir dari All Women's Talk, penting untuk mengetahui kualifikasi atau latar belakang pendidikan tenaga profesional yang melayani di klinik kecantikan.

Saat Anda menemukan klinik kecantikan dengan harga super miring, Anda patut curiga sebab belum tentu para ahli yang bakal menangani masalah pada kulit Anda.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Umumnya, klinik kecantikan memiliki empat jenis layanan yakni, facial, mikrodermabrasi, chemical peeling dan botoks.

Lihat dulu apa yang jadi kebutuhan Anda karena tidak semua klinik memberikan layanan lengkap. Jika memang Anda bermasalah dengan bentuk hidung atau ukuran bibir, berarti Anda memerlukan klinik yang menyediakan layanan khusus estetika wajah.

4. Rekomendasi

Kadang cara termudah untuk memilih klinik kecantikan adalah rekomendasi teman atau keluarga. Sekarang ini mungkin Anda kerap menemukan review (tinjauan) dari influencer atau beauty enthusiast.

Namun, tak ada salahnya mencari review dari mereka yang lebih dekat dengan Anda, mengalami sendiri layanan perawatan di klinik kecantikan dan bisa berbagi pengalaman dengan Anda.(mt/cnn)