Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

3 Langkah Wujudkan Resolusi Keuangan di Tengah Pandemi



FEMINIA - Mengatur kembali rencana keuangan kerap jadi salah satu resolusi tahun baru yang umum dirancang banyak orang.

Menurut situs finansial dari Amerika Serikat, Finder.com, selama 2020 sekitar 53,12 persen generasi millennial fokus pada resolusi keuangan untuk lebih memiliki kendali atas masa depan finansial mereka.

Membuat resolusi keuangan bukan sekadar mencatat segala pengeluaran yang dilakukan. Perencana Keuangan sekaligus Founder Anggriani & Partners Metta Anggriani mengatakan, paling ridak ada tiga langkah utama yang perlu dilakukan saat membuat resolusi keuangan.

"Yakni melakukan financial check-up untuk memeriksa cash flow, hutang, dan aset yang kita miliki," kata Metta melalui keterangan tertulisnya, Minggu (7/2/2021).

Langkah kedua dengan mengidentifikasi prioritas dan tujuan keuangan. Seperti dana untuk pergi liburan, membeli rumah atau kendaraan, pendidikan, hingga meningkah. Langkah terakhir, lanjutnya, menentukan cara menabung yang sesuai dengan tujuan finansial.

"Barulah kita tentukan instrumen keuangan yang menyesuaikan dengan kondisi finansial dan prioritas sehingga mudah untuk dipantau dan dikelola,” ucapnya.

Menurutnya, dengan melakukan tiga langkah utama resolusi keuangan tersebut juga dapat membantu perencanaan finansial agar lebih siap menghadapi kondisi pandemi Covid-19 yang tidak pasti.

Perubahan pola pikir di masyarakat yang menimbulkan berbagai kebiasaan baru, menurut Metta, juga menjadi alasan lain mengapa finansial yang bersifat 'pandemic ready' menjadi penting.

"Kita bisa melihat dampak dan risiko yang sangat nyata akibat terjadinya pandemi. Tahun ini kita harus lebih berhati-hati. Oleh karena itu, satu hal yang tidak boleh terlupakan adalah memiliki perlindungan ektra seperti asuransi karena penyakit, musibah dan bencana bisa terjadi kapan saja dan dapat mengganggu cash flow,” ucap Metta.(fm/sr)