Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Sudah Disuntik Vaksin Tapi Masih Terpapar Covid-19, Ini Alasannya


FEMINIA-Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP PDPI) Erlina Burhan menjawab pertanyaan masyarakat mengenai orang yang terinfeksi Covid-19 setelah disuntik vaksin. Dia mengatakan, hal itu terjadi karena sebenarnya orang yang terinfeksi Covid-19 itu sudah terjangkit virus Corona sebelum disuntikkan vaksin.

Erlina kemudian menjelaskan bahwa masa inkubasi virus Corona berlangsung selama 2-14 hari. Rata-ratanya 5 hari.

"Terdapat kemungkinan orang itu telah terpapar Covid-19 dan saat dia diberikan vaksinasi, dia dalam masa inkubasi virus," kata Erlina saat konferensi pers Update Perkembangan Vaksinasi yang disiarkan di YouTube Kementerian Kesehatan, Sabtu (23/1).

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa vaksin membutuhkan waktu untuk memunculkan kekebalan tubuh setelah disuntikkan. Sehingga, bisa saja orang tersebut terinfeksi Covid-19 saat imunitas belum sepenuhnya terbentuk ataupun kekebalan tersebut kalah dengan virusnya.

"Setelah disuntik vaksin maka sudah ada kekebalan, tapi dengan kekebalan yang sedemikian rupa kalau sudah terpapar cukup lama dan frekuensinya cukup sering, maka jumlah virusnya ini banyak dan kekebalan yang sudah terbentuk itu tidak terlalu mampu menangkal Covid-19," paparnya.

Dokter ahli paru RSUP Persahabatan itu pun mencontohkan penjabaran timeline vaksin Pfizer. Pada penyuntikan dosis vaksin pertama, di hari ke-12, imunitas baru akan mulai terbentuk, kemudian di hari ke-12 setelah penyuntikan dosis vaksin kedua, imunitas sudah tercapai secara penuh. Oleh sebab itu, dia menegaskan bahwa meskipun imunitas sudah tercapai, orang yang sudah divaksin tetap memiliki risiko terinfeksi Covid-19.

"Risiko terjangkit Covid-19 meski sudah divaksin tetap ada, namun akan jauh lebih rendah. Gejala klinisnya juga ringan," kata Erlina.

"Walaupun sakit, ya ringan-ringan saja karena sudah ada unsur perlawanan dalam tubuh," lanjut dia.

Oleh sebab itu, Erlina menyarankan agar orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 untuk terus menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga imunitas tubuh seperti makan makanan bergizi, berolahraga teratur, dan tidur yang cukup.

"Selalu terapkan 3M dan jauhi kerumunan. Yang paling penting tetap menjaga imunitas," kata dia.[fem/mdk]