Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Kelelahan Karena Pikiran, Kenali Penyebab dan Solusinya


FEMINIA-Saat kondisi tubuh merasa lelah tentu mengganggu kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Namun, kondisi ini tak dipungkiri juga berawal akibat terlalu padatnya aktivitas dan kurangnya waktu istirahat.

Praktisi mindfulness, Adjie Santosoputro belum lama ini membeberkan penyebab dan cara mengatasi kelelahan yang juga dipicu karena pikiran.

"Kondisi kelelahan akibat kegiatan sehari-hari membuat kita enggak sadar diri untuk melakukan apa yang sudah kita tahu mesti kita lakukan," kata Adjie dalam acara peluncuran AIA Vitality bertajuk All Well Indonesia, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Adjie mengungkapkan dua penyebab kelelahan yang terjadi tanpa banyak disadari.

"Pertama, sadar atau tidak kita ini kecanduan sibuk. Sibuk bukan hanya karena tuntutan orang lain, tapi juga diri sendiri yang menuntut diri untuk terus sibuk, sibuk, dan sibuk," ungkapnya.

Menurut Adjie, kebanyakan orang beranggapan bahwa menunjukkan diri sedang sibuk menjadi bukti kehadiran dirinya, terutama dalam pekerjaan.

Namun, tanpa disadari ambisi tersebut membuat diri kehilangan sesuatu yang penting bagi kesehatan.

"Apa itu? Momen untuk beristirahat, momen untuk berada di kondisi yang jenak dan nyaman," katanya.

Sementara, penyebab lain kelelahan adalah hiburan berlebihan. Akibat kecanduan sibuk yang membuat lelah, itu lantas mendorong orang menjadi haus akan hiburan.

Sayangnya, kondisi ini bisa tak terkendali karena terus-menerus mencari dan timbulnya hiburan baru satu serta lainnya.

"Ternyata sifat hiburan ini infinity loops, tidak berkesudahan. Selalu ada hiburan-hiburan baru yang bisa kita nikmati, begitu banyak pilihannya, sehingga membuat kita kebingungan," kata Adjie.

Dia lanjut mengatakan, "Hiburan yang kita harapkan menawarkan lelah ternyata membuat kita sibuk. Sibuk berlipat ganda. Kelelahannya pun berlipat ganda."

Adjie kemudian mengatakan bahwa kelelahan bukan hanya karena fisik yang terus-menerus berkegiatan, tapi itu juga bisa bersumber dari pikiran.

Menurutnya, kebocoran cukup besar energi diri berasal dari aktivitas pikiran.

"Agar tidak kelelahan dan bisa menjaga kesehatan, penting melatih pikiran untuk stimulan. Stimulan ini berarti kita lebih sadar di sini, karena sadar adalah dasar untuk hidup sehat. Think well berarti kita lebih mindfull, menerima kenyataan apa adanya," tuturnya.

Dia mengatakan bahwa kenyataan akan selalu bervariasi dari yang menyenangkan, menyebalkan, sesuai dan tidak sesuai. Itu merupakan sesuatu yang wajar.

Adjie kemudian memberikan tips melatih kesadaran diri agar berpikir dengan baik.

1. Ciptakan pause moment

Di sela kegiatan, luangkan waktu untuk berhenti. Ambil waktu sejenak, agar tubuh dan pikiran beristirahat.

2. Mulai hari dengan fokus

Selain itu, dia juga menganjurkan agar setiap pagi setiap harinya, luangkan waktu 5-10 menit untuk memfokuskan diri dengan duduk diam sambil memejamkan mata dan hanya sadari suara nafas.

(fem/cnn)