Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Biar Bau, Jengkol Juga Miliki Beragam Manfaat Kesehatan



FEMINIA-Jengkol menjadi salah satu makanan yang tidak disarankan dikonsumsi sebelum melakukan tes corona menggunakan alat GeNose.

Aromanya yang menyengat disebut membuat alat tersebut tidak optimal. Padahal di balik itu, jengkol merupakan salah satu makanan yang memiliki sejumlah manfaat mengejutkan.

Jengkol mengandung berbagai zat penting untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin dan juga mineral.

Beberapa waktu lalu, spesialis gizi klinik dari Departemen Ilmu Gizi FKUI dr Anna Maurina Singal mengatakan kepada detikHealth bahwa jengkol bermanfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Anna menambahkan bahwa jengkol mengandung vitamin A,B dan C serta mineral fosfor, kalsium, dan zat besi.

Dalam 100 gram jengkol mengandung 192 kkal, 5,4 gram protein, 0,3 gram lemak, 40,7 gram karbohidrat dan 0,7 mg zat besi.

Berikut beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Jengkol mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas tubuh serta membantu melancarkan peredaran darah.

Bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit, jengkol juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan jantung.

Namun ingat untuk tidak memasaknya dengan campuran santan atau bahan tinggi lemak.

2. Mencegah anemia

Jengkol juga mengandung zat besi. Zat besi berfungsi untuk pembentukan sel darah merah dalam darah sehingga cocok untuk mengatasi anemia.

Selain itu, agar terhindar dari anemia, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C agar penyerapan zat besi lebih optimal.

3. Menjaga berat badan

Jengkol mengandung serat sehingga bermanfaat untuk menjaga berat badan. Selain itu, jengkol juga dapat membakar energi tubuh dan mengatasi lemak tubuh asalkan dimasak dengan cara yang benar.

4. Mengontrol kadar gula darah

Jengkol memiliki senyawa aktif yang berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan kadar gula darah. Sehingga penderita diabetes dinilai aman untuk mengonsumsi jengkol.

5. Menstabilkan organ vital tubuh

Organ vital dalam tubuh akan berfungsi dengan optimal ketika tubuh cukup memiliki asam folat dan vitamin B6. Berkat kandungan inilah jengkol bermanfaat untuk ibu hamil.

Sebagaimana tertulis dalam buku 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan oleh Yusuf CK Arianto, kandungan zat besi dalam jengkol yang cukup tinggi tidak hanya berguna untuk mencegah terjadinya anemia tapi juga meningkatkan stamina tubuh.

Untuk mengambil manfaat jengkol, konsumsi secara rutin dalam bentuk lalapan akan sangat membantu dalam mengatasi masalah kekurangan zat besi.(fem/cnn)