Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Agar Ikan Cupang Panjang Umur, Simak Nih Tipsnya!


FEMINIA-Pesona  ikan cupang tak kunjung luntur di mata pencinta ikan hias . Daya tarik utama pada keindahan warna tubuh, sirip, dan ekor ikan cupang membuatnya masih menjadi primadona.

Namun, keindahan warna ikan cupang ini bisa sirna jika umur hidup cupang tidak bertahan lama. Terkait berapa lama usia ikan cupang bisa hidup, sebenarnya jawabannya bisa bervariasi.

Merujuk Betta Care Fish Guide , umur hidup ikan cupang bergantung pada tempat tinggal atau habitat cupang, seberapa besar akuarium, berapa banyak liter air yang digunakan mengisi akuarium atau penangkaran.

Artikel ini mengulas mengenai harapan hidup rata-rata ikan cupang dan cara membuat ikan cupang berumur panjang.

Berapa Lama Ikan Cupang Bisa Hidup?

Berapa lama ikan cupang bisa hidup tergantung pada habitat dan perawatannya. Rata-rata ikan cupang peliharaan bisa mencapai umur 3 tahun.
Angka harapan hidup ikan cupang yang dipelihara dalam akuarium tentu tidak sama dengan ikan cupang yang tinggal di alam liar.

Yang bisa menjadi acuan ikan cupang dapat hidup lama adalah berpatok pada umur ikan cupang saat pertama membelinya dan perawatan ikan setelah dipelihara.

Masa Hidup Ikan Cupang di Alam Liar  

Ikan cupang mampu bertahan hidup rata-rata dua sampai tiga tahun pada habitat aslinya yakni sawah, kanal, sungai. Ini tergolong pendek dibanding rata-rata umur ikan cupang peliharaan.

Ikan cupang yang tinggal di alam liar menjalani kehidupan yang lebih keras dengan tingkat stres yang tentu lebih tinggi ketimbang ikan cupang dalam akuarium.

Layaknya hewan liar, cupang di alam liar harus mencari makan sendiri setiap hari. Belum lagi jika bertemu dan beradu dengan ikan cupang jantan lainnya yang meningkatkan peluang mereka untuk terluka bahkan terbunuh.

Kemudian, stres tinggi akibat pencemaran air, hingga risiko tersingkir dari habitat alaminya karena pembangunan pertanian yang mengancam masa hidup ikan cupang.

IUCN Red List of Threatened Species Thailand mencatat bahwa ikan cupang liar termasuk dalam kategori spesies yang terancam karena jumlah pencemaran habitatnya yang tinggi lantaran ekspansi besar-besaran di sektor pertanian, merujuk Fish Keeping World .

Masa Hidup Ikan Cupang di Akuarium

Ikan cupang yang hidup di penangkaran atau akuarium tampaknya lebih beruntung. Rata-rata ikan cupang peliharaan ini mampu hidup tiga sampai lima tahun, dengan catatan dirawat dengan baik dan benar.

Namun bukan berarti setelah membeli, maka usia cupang akan sampai tiga tahun. Saat membeli, Anda harus tahu dulu usia si ikan. Ikan cupang jantan umumnya dijual saat berumur satu tahun. Di umur ini warna dan sirip cupang jantan mulai berkembang.

Sedangkan betina umumnya dijual lebih cepat, saat berumur 6 bulan. Namun warna pada betina tidaklah secerah cupang jantan.

Karena ikan yang dijual biasanya berumur 6 bulan hingga 1 tahun, maka estimasi masa hidupnya sekitar dua sampai dua setengah tahun.

Umur ikan cupang betina biasanya lebih panjang beberapa bulan dibandingkan ikan cupang jantan. Meski kebanyakan orang lebih memilih ikan cupang jantan lantaran warnanya lebih menarik dan sirip yang lebih panjang dan mewah ketimbang betina.

Berapa Lama Ikan Cupang Bisa Hidup Tanpa Makanan?

Ikan cupang bisa hidup tanpa makanan sekitar 14 hari. Namun sebaiknya Anda tidak membiarkan cupang kelaparan lebih dari 4 hari karena akan berisiko mati.

Ikan cupang dapat hidup tanpa makanan sekitar 14 hari. Meski demikian, jangan pernah meninggalkan cupang peliharaanmu tanpa memberikannya makan sama sekali.

Meski mereka masih hidup, tapi membiarkannya sampai kelaparan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga akan menjadi lemas, kekurangan nutrisi, dan stres.

Sekalipun Anda kembali memberinya makan, ikan akan lebih berisiko lantaran mungkin saja sudah terserang penyakit.

Waktu paling lama Anda meninggalkan cupang tanpa memberi makan maksimal 4 hari. Lebih dari itu, sama saja Anda mempertaruhkan nyawa ikan cupang.


Cara Membuat Ikan Cupang Berumur Panjang

Cara membuat ikan cupang berumur panjang yakni menaruhnya di kolam besar
Setelah mengetahui berapa lama ikan cupang hidup, bagaimana pun panjang umur mereka bergantung pada ketelatenan sang pemilik dalam merawatnya.

Berikut 5 hal yang harus diperhatikan agar ikan cupang berumur panjang, mengutip berbagai sumber.

1. Taruh di akuarium berukuran besar dan luas

Jika berkaca pada habitat asli cupang yang seperti sawah, jelas akuarium kecil tidak cocok sebagai rumah cupang.

Anda memerlukan akuarium yang agak besar agar cupang bahagia, sehat, dan berumur panjang tentunya.

Banyak artikel menyarankan akuarium untuk cupang setidaknya berkapasitas standar 20 liter air. Cupang perlu bergerak lebih banyak dan aktif supaya mencegah cupang merasa tertekan.

Akuarium lebih besar diperlukan jika Anda memelihara cupang betina.

2. Pisahkan cupang pejantan

Cara membuat ikan cupang berumur panjang adalah tidak mencampurnya dengan ikan lain

Terdengar sepele namun berperan besar dalam kelangsungan hidup cupang. Cupang jantan terkenal agresif dan teritorial. 

Tentu anda bisa membayangkan, apa jadinya jika dua cupang jantan ditaruh dalam satu akuarium, terlebih dalam akuarium kecil.

Besar kemungkinan keduanya akan bertarung sampai mati karena tidak mempunyai tempat melarikan diri.

Apabila terpaksa, lebih aman pejantan dipelihara bersama betina. Cupang betina tidak terlalu agresif namun akan lebih baik jika akuarium Anda besar dan terisi dengan tanaman serta tempat bermain. Tujuannya agar pejantan tidak terlalu mendominasi wilayah betina.

3. Gunakan filter dan heater

Heater digunakan untuk mendapatkan air dengan suhu hangat ideal yang sesuai dengan habitat asli cupang. Suhu air ideal pada akuarium harus bersuhu 24-27 derajat celcius.

Suhu air yang terlalu dingin bisa memperpendek umur cupang dan membuatnya mudah terserang penyakit.

Memasang heater pada akuarium tidak hanya menjaga suhu air namun mencegah cupang menjadi stres karena perubahan suhu.

Sedangkan filter berperan menyaring semua amoniak dan racun lainnya dari air. Filter juga membantu menghilangkan kotoran yang mengapung di sekitar akuarium, menjadikannya terlihat lebih bersih.

4. Jaga kebersihan akuarium

Filter saja tidaklah cukup untuk memperpanjang umur cupang. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan akuarium.

Akuarium yang bersih akan mengurangi kemungkinan penyakit dan bakteri berkembang. Tangki yang kotor bisa menyebabkan penyakit seperti pembusukan sirip ikan cupang.

Untuk menjaga akuarium tetap bersih, pastikan sedot kotoran serta rutin mengganti air akuarium setiap minggunya. Makanan sisa yang tidak dimakan oleh cupang juga harus segera dibersihkan agar aquarium tetap bersih.

5. Letakkan tanaman dalam akuarium

Memasukkan tanaman hidup dapat meningkatkan kadar oksigen pada akuarium. Dengan begitu, Anda membantu memperkaya ekosistem akuarium yang baik bagi cupang.

Tanaman juga berguna sebagai tempat perlindungan cupang khususnya cupang betina. Tanaman yang baik dimasukkan ke dalam akuarium antara lain anacharis, java fern, dan java moss.

Ulasan mengenai masa hidup dan cara membuat ikan cupang berumur panjang di atas diharapkan bisa menjadi referensi Anda dalam memaksimalkan perawatan ikan cupang agar hidup lebih lama.

Asalkan ikan cupang mampu hidup satu sampai dua tahun sejak waktu pembelian, menandakan Anda sudah merawat ikan cupang dengan baik.(fem/cnn)