Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

6 Kudapan Dadar Super Maknyus yang Lacak Dicicipi

FEMINIA-Keanekaragaman kudapan Nusantara, diimbangi pula dengan keunikan masing-masing sehingga memudahkan kita menghafalkan ciri khasnya. Sebut saja onde-onde, kue manco, dan keciput. Semua kudapan yang disebutkan tadi punya ciri khas menonjol, yaitu diselimuti oleh wijen.

Selain diberi taburan wijen, ada lagi kudapan yang tak kalah menarik untuk diketahui dan dijajal, yakni kudapan berkulit dadar telur. Kira-kira, kamu pernah mencoba enam kudapan berkulit dadar telur berikut ini belum?

1. Dadar jiwo


Huruf vokal nama belakang dari kudapan ini layaknya mengucapakan khas Jawa pada umumnya. Tapi, siapa sangka? Dadar jiwo merupakan kudapan berkulit dadar telur asal Palembang, Sumatera Selatan.

Dadar telur pada dadar jiwo diberi campuran kunyit, sehingga menghasilkan kulit berwarna kuning. Isi dari dadar jiwo cukup bertekstur, karena terbuat dari tumis pepaya muda parut yang mempunyai rasa gurih, memicu ketagihan pada lidah.

Saat disajikan, dadar jiwo diberi pelengkap pada bagian atasnya berupa gelendo kelapa serta bawang goreng.

2. Dadar gulung


Masuk dalam kategori kudapan manis, kue dadar gulung mempunyai isi kelapa parut yang diolah dengan gula jawa. Seringnya bewarna hijau yang didapatkan dari daun suji atau daun pandan. 

Kini kue dadar gulung nan manis mempunyai beragam tampilan karena memanfaatkan penggunaan pewarna makanan alami, yang mana mengesankan untuk dipandang, dan bikin kita enggak tega untuk mengunyahnya.

3. Sosis solo


Penyajian dari sosis solo dapat dibagi menjadi dua, yakni sosis solo versi goreng atau basah. Walaupun berbeda penyajian, keduanya sama-sama berkulit dadar telur yang gurih.

Kudapan asal Solo, ini umumnya mempunyai berisi daging cincang. Bisa daging sapi atau pun daging ayam, yang ditumis bersama bumbu. Kenikmatan maksimal ketika menyantap sosis solo ketika mengunyahnya bersama cabai rawit. Rasanya mengguncang lidah banget!

4. Semar mendem


Kulit dadar telur pada semar mendem cukup lembut dengan warna kuning cerah yang mengguggah selera makan. Dibalik lembutnya dadar telur, terdapat lemper dengan isi tumis daging cincang.

Keunikan yang dapat kamu jumpai ketika dihadapkan dengan semar mendem yakni dekorasi terbuat dari irisan cabai merah, daun seledri, hingga daun pandan. Tak jarang juga, semar mendem disajikan dengan siraman fla.

5. Risoles


Ciri khas dari risoles yaitu digoreng dengan menggunakan tepung roti, sehingga teksturnya sedikit renyah pada bagian luarnya. Dibanding sosis solo, risoles mempunyai beragam isian.

Mulai dari daging cincang, sayuran, hingga kini yang terbaru ada lembutnya smoke beef. Tidak hanya cabai rawit, kenikmatan dari risoles dapat disantap bersama bumbu kacang dan saus.

6. Pancake buah


Selain kue dadar gulung, ada pancake buah yang merupakan kudapan berkulit dadar telur dengan rasa manis. Identik disajikan dengan beragam warna, pancake buah berisi potongan buah, whipped cream, serta susu kental manis.

Itulah tadi enam kudapan berkulit dadar telur yang nikmatnya tiada dua. Kudapan yang telah disebutkan tadi bisa dipilih sebagai ide camilan saat sedang santai di rumah, lho. Jangan malu-malu untuk mencobanya sebagai camilan.(fem/idntimes)