Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

5 Bumbu Dapur Ini Ampuh untuk Usir Nyamuk Lho!



FEMINIA-Musim hujan kerap menjadi pertanda nyamuk-nyamuk yang jarang ditemui di musim kemarau mulai bermunculan.

Selain ancaman pandemi Covid-19, Anda sekeluarga juga mesti waspada dengan ancaman demam berdarah dengue ( DBD ) dan malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Berikut bumbu dapur untuk menghilangkan nyamuk.

Untuk saat ini produk-produk antinyamuk bakal masuk keranjang belanja. Namun akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mempertimbangkan beberapa bumbu dapur untuk menghilangkan nyamuk. Selain lebih murah, bumbu dapur pun lebih aman dan tak kalah efektif mengusir nyamuk.

Berikut bumbu dapur untuk menghilangkan nyamuk.

1. Daun serai

Salah satu bumbu dapur terbaik untuk mengusir nyamuk adalah daun serai. Bumbu dapur satu ini sebenarnya tidak asing untuk masakan Asia juga Indonesia. Aromanya yang khas rupanya tidak disukai nyamuk.

Sebagaimana dilansir Medical News Today , studi pada 2015 menemukan kombinasi minyak serai dan minyak zaitun memberikan perlindungan 98,8 persen terhadap nyamuk.

Riset lain menyebut minyak serai juga bisa digunakan secara topikal (dioles pada kulit) dan memberikan perlindungan penuh selama 2,5 jam.

Tak hanya dalam bentuk minyak, daun serai pun bisa dipotong-potong dan diletakkan di beberapa sudut ruangan. Anda pun bisa mengusir nyamuk dengan satu pot tanaman serai dalam pot.

2. Cengkeh

Kalau aroma daun serai cukup tajam buat Anda, terdapat cengkih dengan aroma lebih 'kalem'. Dalam beberapa tips atau DIY, orang bisa mengusir nyamuk bermodal potongan jeruk nipis yang ditancap beberapa cengkih.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Asian Journal of Research Pharmaceutical Science, minyak esensial dari cengkih terbukti efektif menghilangkan nyamuk. Hasil serupa juga diperoleh dari penelitian terhadap kulit jeruk, daun serai, tumbuhan kayu putih, basil dan citronella.

 Namun, dikutip dari USA Today, cara ini tidak efektif.

3. Kayu manis

Taburan bubuk kayu manis di permukaan kue atau cinnamon roll membuat kudapan makin nikmat. Siapa sangka aroma kayu manis justru bikin nyamuk ketar-ketir.

Dikutip dari Healthline , sebuah studi di Taiwan menemukan minyak kayu manis bisa membunuh telur nyamuk, mengusir nyamuk dewasa termasuk Aedes albopictus alias Asian tiger mosquito.

Untuk membuat minyak cengkih jadi pengusir nyamuk, Anda cukup mencampurkan seperempat sendok makan minyak untuk sekitar 100 mililiter air. Campuran ini bisa disemprotkan di kulit, baju, maupun ruangan.

4. Bawang putih

Bau bawang putih cenderung bisa mengusir nyamuk. Penggunaannya pun sederhana. Anda cukup mengonsumsi bawang putih atau digosok pada kulit.

Anda pun bisa meletakkan potongan bawang putih di beberapa sudut ruangan bersama dengan daun serai agar aromanya tidak terlalu mengganggu.

5. Rosemary

Rosmarinus officinalis alias rosemary mungkin jarang digunakan di masakan Indonesia. Namun tumbuhan ini jadi barang wajib untuk masakan bergaya Barat.

Daun rosemary bisa jadi bumbu dapur untuk menghilangkan nyamuk. Anda bisa memanfaatkan minyak rosemary atau sesederhana membakar rosemary dan nyamuk pun tidak akan mendekat.(fem/cn)