Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

4 Tips agar Kerudung Satin Tak Mudah Rusak



FEMINIA-Punya kerudung berbahan licin seperti sutra atau satin? Anda perlu ekstra perhatian dalam merawatnya. 

Kerudung dengan bahan ini memang membuat penampilan lebih elegan dan formal namun cukup berisiko. Jilbab akan mudah rusak bila pemakaiannya tidak diperhatikan. Berikut tips agar kerudung berbahan satin tetap awet:

1. Hati-hati Menggunakan Jarum

Hati-hati dalam pemakaian jarum atau peniti di kerudung dengan material yang licin. Jarum yang terlalu besar bisa membuat jilbab berlubang. Bila tidak berhati-hati saat menyematkan dan melepas jarum juga dapat merusak benangnya sehingga menimbulkan kerutan karena benang tertarik keluar. Sebaiknya, Anda menggunakan jarum yang kecil saja atau diakali dengan penerapan klip hijab.

2. Cara Mencuci

Agar kerudung satin atau sutera tahan lama, hindari mencucinya bersamaan dengan busana Anda. Kumpulkan kerudung yang ingin Anda cuci dalam satu wadah atau ember. Jika ada yang bermotif terutama batik, sebaiknya di letakkan dalam wadah terpisah agar scarf lainnya tidak berisiko luntur.

Perhatikan pula jenis bahannya, untuk kerudung satin bisa dicuci menggunakan tangan bukan mesin cuci. Cukup rendam menggunakan air dingin lalu bilas. Sedangkan untuk yang berbahan sutera sebaiknya dry clean saja. Bahan kerudung sutra rentan terhadap air yang terlalu dingin atau panas.

3. Cara Menyetrika

Proses menyetrika juga perlu diperhatikan. Hindari menyetrika kerudung berbahan licin dengan suhu terlalu panas karena bisa membuatnya berlubang atau menempel di alas setrika. Sebaiknya pilih temperatur setrika yang memang khusus untuk silk jadi tidak terlalu panas. Jangan langsung meletakkan setrikaan di atas kerudung tapi perlu dialasi untuk mengantisipasi penempelan karena panas.

4. Hati-hati Saat Menyemprotkan Wewangian

Hati-hati pula saat menyemprotkan wewangian baik pewangi baju atau parfum ketika menggunakan kerudung satin atau sutra. Beri jarak antara botol wewangian dengan kerudung Anda untuk menghindari bahan kimia dalam parfum yang bisa membuat material tersebut rusak. Bahan kimia dalam parfum dapat meninggalkan bekas noda yang sulit hilang bila menyemprotnya terlalu dekat.(fem/dtk)